Sabtu, 17 November 2012

PROFIL PPHM


   Pondok ini dinamakan Pondok Pesantren  Haji Mahrus dengan tujuan untuk mengabadikan dan mengenang jasa KH. Mahrus Aly yang merintis pondok ini sejak tahun 1952 M. Pesantren ini berdiri, berawal dari musholla (Majlis Ta’lim) dan sebuah kamar asrama bagi santri khodim dari Romo KH. Mahrus Aly. Namun karena kamar tersebut sudah tidak layak lagi untuk menampung sejumlah 20 orang santri, maka pada tahun 1956 dibangunlah beberapa tambahan kamar santri sebagai asrama, yaitu kamar 02,03, dan 04 yang selanjutnya  asrama tersebut di kenal dengan nama HM ( Haji Mahrus ).

Pada tahun 1958, nama ini di ubah menjadi HP HM ( Himpunan Pelajar Hidayatul Mubtadi-ien ) di bawah naungan Jam'iyyah Subbaniyyah Pusat ( JSP ).

Selanjutnya, bersamaan dengan renovasi kediaman Romo KH. Mahrus Aly, sebuah asrama baru berhasil di bangun dengan swadaya murni dari santri, yang kemudian hari di beri nama HM 08. Pembangunan asrama baru tersebut di susul dengan pembangunan tiga asrama yang lain pada tahun 1959, yakni HM 05, 06, dan 07. Dan sejak saat itu pula status PPHM di resmikan atas restu KH. Mahrus Aly.

Tahun 1960 kamar HM 10, 11, 12 dan 13 berhasil selesai di bangun. Dan di era ini juga KH. Mahrus Aly mengubah status musholla HM menjadi Masjid sebagai tempat I'tikaf yang syah, meski bukan Masjid  Jami' yang lazim di gunakan untuk shalat jum'at.

Dalam perkembanganya seiring dengan meningkatnya jumlah santri, pada tahun 1996 mushola lantai dua dan tiga berhasil dibangun yang sekarang menjadi AULA , dan di bangun  pula fasilitas-fasilitas lainya, seperti kantor-kantor  kepengurusan, perpustakaan, ruang tamu, MCK, kantin, dapur dan lain sebagainya. Hingga tahun 2011 M. tercatat jumlah fasilitas gedung di PPHM mencapai ± 62 unit bangunan dan dihuni sekitar ± 700 santri, yang meliputi Alumni, Siswa dan Khodim Dalem.

5Perlu diketahui bahwa PPHM tercinta ini di asuh oleh putra-putra Almagfurlah KH. Mahrus Aly, di antaranya; Romo KH. Abdullah Kafabihi Mahrus, KH. Hasan Zamzami Mahrus dan KH. An’im Falahuddin Mahrus. Pada periode 2011-2012 M. PPHM di Pimpin oleh Bpk. Nur Hakim selaku Ketua I, Bpk. Abdul Kholiq Ad-Dauly selaku Ketua II dan Bpk. Agus Haji Muhammad selaku Ketua III, dan untuk pendamping setianya ada dua asistennya yang selalu setia yaitu: Bpk. Aminuddin selaku Sekretaris I dan Bpk. Dadang A. Nasruddin selaku Sekretaris II. Untuk itu, PPHM selalu rutin mengadakan program-program dalam rangka mencetak kader-kader santri melalui kegiatan yang di tangani oleh beberapa Seksi, diantaranya: Sie. Pendidikan, Sie. Jam'iyyah, Sie. Keamanan, Sie. PBM, Sie. Wajar, Sie Humay, Sie PL&P dan Sie PKB.

1 komentar:

Yang di posting kok cuma ini saja?

Posting Komentar